Membahas mengenai Google Analytics, mungkin secara garis besar kamu sudah mempelajari lebih dulu. Namun bagaimana memastikan apakah Google Analytics milik kamu sudah berjalan optimal mungkin belum sepenuhnya bukan? Kali ini akan dibahas lengkap mengenai cara mengeceknya.

4 Cara Mengecek Kinerja Optimal Google Analytics

Bagi pemilik situs web, GA (Google Analytics) memang memiliki peran yang begitu krusial. Tetapi dalam beberapa kasus, pemilik website terkadang menyepelekannya. Hal inilah yang membutuhkan pemahaman lebih mengingat pemakaian WA memang sangat penting sekali untuk keberlangsungan sebuah website.

Sejauh ini beberapa permasalahan yang sering kali meghampiri pemakai ada di bagian cross domain tracking, tag Manager setup, bahkan tag implementation yang tidak berfungsi maksimal. Nah, untuk memastikan apalah GA milik kamu sudah bisa berjalan maksimal kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai alasan pemakaian GA dan langkahnya.

Alasan Google Analytics Harus Optimal

Sebelum membahas cara terbaik dalam melakukan pengecekan Google Analytics, lebih baik kamu memahami lebih dulu perannya. Pemakai GA secara garis besar adalah sebagai berikut ini.

  • Akurat Mengenali Target

Bisa memaksimalkan fungsi GA memberikan peluang kamu untuk lebih mudah dan akurat dalam mengelai target calon konsumen nantinya. Hal ini akan memberikan andil besar bagi pemilik bisnis yang memanfaatkan jaringan website didalam memasarkan produknya.

Saat pengunjung masuk ke website milik kamu, maka GA akan memberikan kemudahan dalam pengecekan. Biasanya dengan mengakifkan beberapa menu semisal Komentar dan Daftar, maka kamu akan lebih mudah dalam memantau aktifitas pengunjung disana.

  • Laporan Lebih Real Time

Semakin maksimalnya kerja dari Google Analytics, maka dimungkinkan memberikan sisi kemudahan saat mendapatkan laporan pengunjung yang masuk. Aktifitas pengunjung pada sebuah website akan mempengaruhi kinerja web untuk kedepannya. Bahkan semua aktifitas dan performa ini akan disajikan lebih real time.

Jadi bisa disimpulkan jika GA yang berkaitan dengan benefit sebuah website memang harus benar-benar bekerja maksimal. Dari hasil laporan yang real time ini, pemilik website jug akan semakin cepat memantau situasi web yang sudah dimilikinya.

4 Cara Mengecek Kinerja Optimal Google Analytics

Cara Cek Google Analytics

Memastikan kinerja dan performa dari Google Analytics memang membutuhkan beberapa cara. Dan untuk memberikan kemudahan kepada kamu yang belum menjalankannya secara bertahap, inilah tahapan awal hingga akhirnya.

  • Gunakan Untuk Mentracking Audit Website

Untuk melakukan pengecekan memakai langkah pertama ini, maka kamu memang harus memastikan lebih dulu beberapa hal, semisal:

  • Melihat property dari sejumlah akun yang sudah tayang memakai GA.
  • Melihat apalah Tag yang dikumpulkan GA sudah berjalan dalam website milik kamu.
  • Memastikan adanya action yang dipakai di website memang sudah bekerja dengan akurat.

Dengan memperhatikan dan memastikan sejumlah hal diatas, maka kamu akan semakin mudah dalam melihat apakah analisa yang dijalankan oleh GA memang sudah bekerja atau sama sekali belum maksimal.

  • Melihat Kode Tracking Duplikat Memakai GTM

Selama ini masalah yang sering kali menghampiri website adalah adanya duplikat kode tracking. CMS (Content Management System) memang sering kali terserang hal tersebut. Biasanya masalah ini juga diakibatkan kurangnya pemilik website memahami beberapa elemen penting ketika mendesain ulang web mereka.

Untuk memastikan kinerjanya, maka kamu bisa memanfaatkan alat yang di sebut dengan GTM (Google Tag Manager) ini dengan mengakses langsung melalui Google Chroome. Alat ini memang bisa dijadikan akses navigasi, apalagi kinerjanya cukup akurat untuk mengenali permasalahan pada sebuah website.

Dengan mengaktifkan GTM, kamu juga akan semakin cepat melakukan pengetesan di website. Duplikat kode tracking GA yang bermasalah akan semakin cepat teratasi karena sistem pengecekannya satu persatu setiap halaman website.

  • Memakai Google Analytics Real Time

Memanfaatkan fungsi dari Google Analytics Real Time juga bisa dijadikan cara untuk memastikan pengunjung website kamu. Keakuratan sistem pengecekan ini bahkan bisa mendeteksi satu detik saja siapa pengunjung yang baru saja membuka atau masuk ke halaman websitemu.

Apabila kamu kurang merasa yakin soal kinerja dari GA, maka langsung saja masuk ke halaman depan GA. Silahkan mamilih menu atau klik Real Time di sisi menu sebelah kiri layar. Cek laporan konten untuk memastikan apalah sudah ada hasil dalam website kamu. Laporan real time akan memastikan kinerjanya maksimal atau tidak.

  • Investigasi Google Tag Manager

Sejauh ini, Google Tag Manager meman dijadikan sebuah alat untuk melihat dan melacak semua kegiatan yang dijalankan oleh pengunjung dalam sebuah website. NAmun siapa sangka, jika alat ini sering kali membuat masalah dan mempengaruhi kinerja dari GA.

Masalah yang sering kali tidak diperkirakan adalah adanya kombinasi pada Tag Management pada sistemnya. Silahkan mengatur ulang settingannya memakai langkah ini.

  • Masuk ke Google Tag Manager dan pilih menu Priview.
  • Masukkan lengkap halaman URL untuk pengetesan.
  • URL spesifik akan menampilkan hasil tag apalah bekerja atau tidak optimal berjalan.

Kesimpulan

Dari keempat cara diatas, maka kamu akan semakin mudah mengecek kinerja Google Analytics sehingga semua laporan yang berkaitan dengan websitemu akan semakin akurat. Jalankan cara diatas untuk menjamin jika performa websitemu semakin lebih baik kedepannya.

Artikulli paraprakPengertian Google Web Stories serta Keunggulannya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini