Siapa sangka ternyata penggunaan tag canonical URL SEO ini menjadi hal penting dalam dunia website. Sebab hal ini erat sekali kaitannya dengan URL tertentu yang sangat berpotensi untuk peroleh ranking dalam mesin pencari.

Penyebab Google Salah Dalam Memilih Canonical URL SEO

Bagi orang yang masih baru dalam belajar mengenai SEO mungkin saja canonical URL ini menjadi hal baru bagi mereka. Padahal hal tersebut menjadi hal paling penting agar anda nantinya bisa melakukan pengaturan pada website anda.

Sebab optimasi SEO bukan hanya dari segi on page ataupun off page saja melainkan juga dari segi teknikal SEO. Jadi anda perlu melakukan penyetingan sebaik mungkin supaya proses SEO berjalan lancar.

Lantas akankah canonicalization ini menjadi faktor yang berpengaruh dalam rangking website? Semuanya akan kita bahas lebih meluas lagi di bawah ini.

Apakah pengertian Canonical URL SEO?

Canonical URL merupakan cara terbaik dalam teknik SEO yang berguna sekali dalam hal memberitahukan mesin pencari pada suatu halaman yang perlu di rangking jika ada duplikasi konten.

Jika dalam halaman website sudah tersetting canonical dan dirayapi GoogleBot. Maka proses crawling pun bakalan sering dirayapi. Inilah mengapa terjadi yang namanya perubahan konten. Hingga pada akhirnya akan cepat diketahui Google.

Tag canonical URL SEO merupakan salah satu tag HTML yang mampu dipergunakan guna memberikan informasi pada Google. Manakah itu halaman yang nantinya akan ditampilkan pada SERP.

Semisal saja ada sebuah website dengan beberapa URL membahas mengenai makanan pedas. Seperti halnya pada halaman A. Html serta B. Html. Dikarenakan  1 halaman mirip dengan halaman A. Html dan halaman tersebut tergolong lebih lengkap. Maka anda pun kini sudah bisa pergunakan tag canonical URL SEO supaya nantinya mampu peroleh ranking pada SERP.

Tetapi anda pun harus paham betul apakah faktor terpenting agar mampu peroleh ranking di SERP. Pastinya anda harus paham tentang meta deskripsi, passage ranking Google serta webs vitals. Dari sini anda pun kini semakin paham terkait apa itu canonical URL SEO. Hingga akhirnya berkeinginan mempelajarinya lebih meluas lagi.

Penyebab Google salah dalam memilih canonical URL

Pemakaian tag canonical URL SEO nantinya akan mengirimkan sinyal pada Google untuk memberitahukan manakah URL paling sesuai dan lengkap. Anda harus mempunyai halaman dengan penjelasan serupa.

Tetapi belakangan ini ada sebuah penjelasan terkait Google bisa juga melakukan kesalahan dalam hal pemilihan URL yang benar. Hal ini seakan menjadi masalah baru bagi pemilik website. Supaya bisa terhindarkan dari masalah tersebut. Alangkah baiknya mengetahui penyebabnya berikut ini:

  • Kontennya duplikat

Kesalahan pemilihan URL dari Goole dikarenakan kode negara yang dipergunakan. Sebetulnya ada beberapa halaman duplikat hadir sehingga Google hanya mampu berikan indeks pada satu versi. Dari sini halaman lainnya yang serupa akan disingkirkan oleh indeks SERP.

Hal ini tak lain dikarenakan ada beberapa halaman website mempunyai pembahasan sama. Sehingga Google hanya mampu berikan indeks pada halaman yang sudah sesuai dengan versi canonical. Tetapi biasanya URL yang benar bakalan tetap ditampilkan pada mesin pencari. Pembahasan konten yang berbeda menjadi jalan keluar supaya nantinya Google tidak salah dalam menentukan pilihan canonical URL SEO.

  • Judul halaman terkesan membingungkan

Judul halaman yang terbilang membingungkan ternyata juga bisa menjadi penyebab Google salah dalam memilih canonical URL SEO. Jadi saat berhadapan dengan banyaknya CCTLD pada website. Akan tersedia banyak judul halaman serupa.

Dari sini judul halaman yang sama menjadi permasalahannya. Semisal URL yang harusnya ditampilkan adalah .com.au hanya saja karena bagian judul halamannya sudah ada .co.uk maka Google pun akhirnya salah dalam pemilihan URL. Anda pun harus memperbaiki kondisinya dengan melakukan penggantian judul halaman mempergunakan brand saja.

Itulah tadi berbagai macam faktor penting yang bisa menjadikan Google salah dalam pemilihan canonical URL SEO. Usahakan menghindari beberapa hal di atas supaya Google tepat dalam memilih.

Penyebab Google Salah Dalam Memilih Canonical URL SEO

Cara perbaiki permasalahan pada URL Canonical

Sebetulnya tidak tersedia cara termudah untuk bisa perbaiki masalah tersebut. Tentunya tidak semudah hanya tambahkan tag baru ataupun melakukan penggantian judul halaman saja.

Tetapi anda yang berkeinginan mencegah Google salah dalam memilih URL pada SERP. Maka anda perlu membuat konten dengan pembahasan berbeda. Hal ini ternyata bisa dijadikan solusi bagi penggunanya.

Setidaknya perlu membuat halaman dengan topik sedikit berbeda dari halaman original. Hal ini bisa menghindarkan dari duplikat konten. Canonical URL memang penting sekali untuk diatur pada halaman website supaya nantinya bisa dijadikan sebagai pertanda jika halaman tersebut menjadi halaman yang diutamakan apabila anda mempunyai konten serupa pada halaman website lainnya.

Itulah tadi sekilas ulasan menarik terkait penyebab Google salah dalam memilih canonical URL SEO. Setidaknya dengan sedikit ulasan mengenai pengertian sekaligus penyebabnya di atas. Maka anda pun kini semakin mengerti akan penyebabnya hingga mampu menghindari beragam faktor tersebut.

Semoga saja dengan hadirnya penjelasan di atas mampu memperluas pengetahuan anda. Terlebih mengenai canonical URL SEO yang kini sangat dibutuhkan. Jangan sampai Google salah lagi dalam pemilihannya.

Artikulli tjetërApakah Sebetulnya Copywriting Itu? Simak Panduan Berikut!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini